Laman

Kamis, 07 Februari 2013

POCARI SWEAT & SOYJOY


Cimanggis, kamis 07 februari 2013

Ini hasil karya kakak Echa setelah melakukukan kunjungan edukasi di pabrik pocari Sweat & pabrik SOYJOY

KUNJED KE PT.AMERTA OTSUKA

    
Ellyzha Merviana mahendri
SDIT Nurul Fikri
5D

KUNJED KE PT.AMERTA OTSUKA

 


                                          


Sekilas tentang PT.Amerta Otsuka
PT AMERTA INDAH OTSUKA merupakan bagian dari Otsuka Pharmaceutical Co., Ltd. (http://www.otsuka.co.jp), sebuah perusahaan famasi yang terkenal di Jepang. Di Indonesia, kami mempunyai komitmen tinggi untuk mendukung kesehatan masyarakat Indonesia dengan menghasilkan produk-produk inovatif demi menyumbangkan solusi yang berkaitan dengan kesehatan masyarakat.

Dengan semboyan 'Otsuka-people creating new products for better health worldwide', kami menghasilkan produk-produk nutraceuticals (nutrisi dan farmasi) unggulan yang dipasarkan dengan strategi pemasaran yang mengena dan jaringan distribusi yang kuat. Produk unggulan  kami adalah POCARI SWEAT (http://www.pocarisweat.co.id) yang dikenal sebagai minuman isotonik pengganti cairan tubuh serta SOYJOY (http://www.soyjoy.co.id), makanan dengan kandungan kedelai dan buah-buahan yang dikemas dalam kemasan bar pertama di Indonesia
PT. Amerta Indah Otsuka yang berdiri sejak tahun 1997 di Indonesia benar-benar menerapkan konsep pabrik “Open Space dan Community Interaction”, yaitu tindakan peduli lingkungan dan masyarakat di sekitar pabrik (Desa Kutajaya, Sukabumi). Nah, salah satu bentuk konsep ini adalah kunjungan pabrik (Factory Visit). Semua orang yang memenuhi persyaratan boleh berkunjung ke pabrik POCARI (klik www.aio.co.id untuk info lebih lanjut).
Selain kunjungan pabrik yang ditujukan untuk masyarakat umum, PT. Amerta Indah Otsuka juga membangun berbagai fasilitas untuk kepentingan penduduk sekitar, seperti lapangan untuk bermain futsal. Selain itu, bulan Juni lalu PT. Amerta Indah Otsuka mencetuskan terbentuknya Kampung Konsevasui Otsuka, yaitu penanaman 25 ribu pohon endemik di sekitar Kampung Kuta dan Taman Nasional Gunung Halimun Salak. Tujuannya adalah menjaga kelestarian lingkungan hutan dan air di Kampung Kuta, Desa Kutajaya, Cicurug, Sukabumi.
POCARI SWEAT adalah minuman isotonik sebagai pengganti cairan tubuh yang hilang setiap harinya. Komposisi POCARI SWEAT mirip dengan cairan tubuh dengan kandungan elektrolit yang seimbang, sehingga dapat diserap lebih cepat dan lebih baik dibandingkan air minum biasa, sehingga dapat mencegah terjadinya dehidrasi berat. Selain itu, dengan kelebihan tersebut, POCARI SWEAT dapat mengembalikan cairan tubuh secara menyeluruh sehingga membuat tubuh terasa lebih segar dan sehat.




















Hari kamis tanggal 07 februari 2013,kami siswa siswi SDIT Nurul Fikri  kelas 5 khususnya  melaksanakan kegiatan kunjungan Edukatif (KUNJED) sekaligus pengamatan di pabrik Pocari Sweat yang berlokasi di kota Sukabumi jawa barat tepatnya di Jl.Siliwangi km 28 kp Sindangresmi Rt.07/04 Desa Kutajaya Kecamatan Sukabumi 43359 .Telp (0266)73370.Website yang bisa dikunjungi www.aio.co.id

Sekitar pukul 07 wib,Dengan menggunakan 3 buah bus kami berangkat,Perjalanan kurang lebih ditempuh selam 2 jam  dari Depok menuju Sukabumi tidak terasa akhirnya  kami memasuki gerbang pabrik POCARI SWEAT. Botol biru besar khas Pocari menyambut kami didepan gedung pabrik.  Pabrik POCARI SWEAT di Sukabumi ini terlihat modern dan super bersih. Nggak ada ceceran sampah dalam bentuk sekecil apapun di sana
 
POCARI SWEAT

Masuk ke dalam pabrik, salah seorang staf dan pemandu memberikan pengarahan kepada siswa-siswi untuk wajib memakai sepatu untuk menjaga keamanan dan kenyamanan, selanjutnya siswa-siswi diajak untuk menuju ke ruangan Factory Theatre yang berada di lantai tiga. Selayaknya di gedung bioskop, kami disuguhkan dengan pemutaran film mengenai sejarah dari minuman isotonik "Pocari Sweat". Dari jendela ruangan ini juga siswa-siswi disuguhi pemandangan indah Gunung. Salak.
 
 amphi theater
 amphi theater 
amphi theater

amphi theater  sebuah ruangan yang dibangun khusus oleh PT. Amerta Indah Otsuka, untuk menerima pengunjung pabrik sebelum mereka melakukan factory tour dan dalam ruangan tersebut akan disampaikan  edukasi mengenai proses produksi dan manfaat Pocari Sweat
Usai menyaksikan pemutaran film, selanjutnya siswa-siswi melakukan observasi menuju pabrik pembuatan Pocari Sweat, menuju lorong kaca yang bersih. Tampak sekali bahwa minuman ini dibuat dengan higienis. Mulai dari pencampuran bahan baku hingga ke pengolahan dan pengemasannya.. Walaupun tidak secara langsung, tapi kami sudah mendapat gambaran mengenai proses produksi tersebut, mulai dari pembuatan botol, pembuatan larutan, sampai keproses pengemasan Pocari Sweat.
Di sini saya akan coba merangkum proses pembuatan pocari sweat (Sumber http://www.aio.co.id/)
PROSES 1 PEMBUATAN LARUTAN POCARI SWEAT
Pocari sweat dibuat dari sumber mata air pilihan yaitu sumber mata air Gunung Salak,yang di olah melaui Dmineralisasi .Dimana air dicampur dengan bahan baku yang lainnya yang sudah lulus uji pemeriksaan .Kemudian larutan di pasturisasi dalam suhu tertentu sebelum dikemas kedalam botol.

PROSES 2 PEMBUATAN BOTOL
Proses privor atau bahan dasar botol yang berukuran 9 cm ditiup menggunakan Blow molding,untuk dibentuk menjadi botol kemasan 500 ml. Selanjutnya botol ditransfer keruang pencucian untuk di rinshing dengan menggunakan air panas
PROSES 3 PENGISIAN & PENUTUPAN
Setelah cairan pocari sweat dimasukan ke dalam botol,maka botol ditutup.Penutupan botol dilakukan denagn menggunakan sistem 3 putaran yang unik.Hal ini untuk menjaga isi kandungan lebih aman dan tetap mengedepankan sifat hygienis produknya.
PROSES 4 PASTEURISASI
Botol botol yang sudah ditutup selanutnya melalui proses holdpacking pasteurisasi dengan pengaturan suhu yang telah ditentukan ,selama beberapa detik.Proses ini di gunakan untuk membunuh berbagai bakteri sehingga pocari sweat dapat bertahan lebih lama mengingat pocari sweat bebas pengawet.Setelah di pasteurisasi kemudian botol didinginkan.
PROSES  5 PELABELAN
Botol botol bergerak melalui sringtan untuk dilakukan parincing label.Kemudian diberi label BEST BEFORE PRODUCT dengan sistem inject.
PROSES 6 INSPEKSI
Setelah melalui proses pelabelan,pengecekan terhadap standarisasi di deteksi dengan kamera inspector serta pengawasan langsung oleh manusia,Apabila ada botol yang tidak sesuai dengan standar maka langsung dipisahkan
PROSES 7 PENGEMASAN
Botol – botol yang lulus standarisasi bergerak menuju proses Autocaser yaitu proses pengepakan. Selanjutnya dikirim ke gudang menggunakan Conveyer.

PASKA PROSES
Kontrol kwalitas selama proses
Di setiap prosesnya dilakukan pengecekan teradap semua kemasan Pocari Sweat secara terpisah di laboratorium.Sehingga akhirnya siap untuk didistribusikan.
Nantinya Pocari Sweat akan dipasarkan ke toko – toko yang dekat dengan masyarakat di seluruh Indonesia
POCARI SWEAT memiliki beberapa kelebihan dibanding minuman lain:
  • Komposisi POCARI SWEAT mirip dengan cairan tubuh dengan kandungan electrolit yang seimbang – sehingga dapat diserap tubuh lebih cepat dan lebih baik dibanding air minum biasa, sehingga mencegah terjadinya dehidrasi berat.
  • POCARI SWEAT juga rendah kalori (26 kkal/100ml) – 50% lebih rendah dari pada minuman lainnya termasuk jus, sehingga dengan demikian tidak menyebabkan kegemukan.
Selain itu POCARI SWEAT aman karena tidak mengandung bahan tambahan seperti pemanis buatan, pengawet pewarna maupun soda.




Apakah sebenarnya yang disebut cairan tubuh itu?
Jika kita melihat ke dalam tubuh kita, ternyata tubuh ini disusun oleh triyulnan sel dan baik di dalam, di luar bahkan diantara sel itu terdapat cairan. Inilah yang disebut sebagai cairan tubuh. Kalau digambarkan sebagai semangkok air sabun lengkap dengan spons pencucinya seperti dalam iklan sabun cuci piring, maka begitulah gambaran akan cairan tubuh kita. Jadi, jika air sabun diibaratkan sebagai cairan tubuh dan spons pencuci sebagai sel dan mangkok sebagai organ tubuh secara keseluruhan, maka akan jelas terlihat bagaimana cairan tubuh mengisi tubuh kita. Jadi, yang dimaksud dengan cairan tubuh itu termasuk pula darah, plasma, keringat, air mata, sumsum,dan cairan dalam tubuh lainnya.
Banyaknya cairan tubuh ini pada setiap orang tergantung dari usia, jenis kelamin dan kadar lemak dalam tubuh.
Apalagi saat usia memasuki usia lanjut, banyak sel tubuh yang sudah mulai aus dan mati, sehingga akhirnya jumlah cairan tubuh pun semakin berkurang, hingga tinggal 52% dari berat badan.

Apa fungsi cairan tubuh itu?


Cairan tubuh berfungsi sebagai pengatur metabolisme atau segala proses yang terjadi dalam tubuh kita, termasuk proses pencernaan makanan, mengubah makanan menjadi tenaga dan penghantaran impuls saraf sehingga otot-otot kita dapat bergerak. Jadi, cairan tubuh dapat berfungsi sebagai alat transportasi, dimana zat-zat makanan termasuk oksigen dihantarkan ke seluruh tubuh. Selain itu, cairan tubuh juga menghantarkan zat-zat yang tidak berguna, seperti racun, yang ada dalam tubuh untuk dibuang keluar dari tubuh.
Selain itu, cairan tubuh juga berfungsi sebagai pengatur suhu tubuh kita., tubuh tidak punya kipas untuk membantu proses pendinginan, sehingga jika suhu tubuh terlalu tinggi, tubuh kita akan mengeluarkan keringat untuk membantu proses pendinginan tersebut. Hal inilah yang menjelaskan mengapa pada saat kita banyak aktivitas di tempat terbuka, dengan cuaca yang panas, tubuh akan berkeringat lebih banyak dibandingkan bila aktivitas itu dilakukan di tempat tertutup. Hal ini pula yang menjelaskan mengapa jika kita demam, tubuh kita pun berkeringat, walaupun kita menyebutnya sebagai keringat dingin.
Kapan kita kehilangan cairan tubuh?


Sebenarnya kita kehilangan cairan tubuh setiap saat dalam 24 jam. Tidak hanya akibat aktivitas berat atau olahraga, namun juga saat santai, saat tidur, sakit bahkan bekerja di ruang ber-AC pun dapat menyebabkan kita kehilangan cairan tubuh. Perjalanan jauh dengan kendaraan ataupun dengan pesawat pun dapat menyebabkan kita kehilangan cairan tubuh.
Secara normal, setiap harinya kita kehilangan sekitar 2,5 Lt. Jika aktivitas kita bertambah, maka makin banyak cairan tubuh yang hilang.

Cairan tubuh yang hilang ini tidak hanya air, tapi juga elektrolit yang terkandung di dalamnya, dan tidak semuanya dapat digantikan hanya dengan air ataupun melalui makanan yang kita makan sehari-harinya.











SOYJOY
Selain memproduksi Pocari Sweat PT AMERTA INDAH OTSUKA juga memproduksi SoyJoy.
SOYJOY adalah makanan berbentuk bar yang terbuat sepenuhnya dari tepung kedelai dan buah-buahan asli. SOYJOY adalah sebuah konsep baru dan pertama di Indonesia yang menawarkan suatu produk dengan manfaat kedelai dan buah sekaligus menjadi makanan yang sehat dan praktis.
SOYJOY tidak hanya menyehatkan karena nutrisinya saja tapi cara pengolahan yang unik yaitu melalui proses oven bake untuk mempertahankan rasa dan kandungan nutrisi secara alami. Cara pengolahan oven bake dengan suhu tinggi ini yang menyebabkan SOYOY tahan disimpan selama 8 – 10 bulan tanpa pengawet dan dasar kuenya terlihat lebih gelap.
SOYJOY sebagai cemilan sehat memiliki kemasan praktis, mudah dibawa dan tidak merepotkan. Cocok dengan gaya hidup kita, masyarakat urban yang serba cepat.
Perpaduan rasa yang unik dari kedelai dan buah dalam SOYJOY tersedia dalam 5 varian rasa yaitu Hawthorn Berry, Raisin Peanut, Apple, Mango Coconut dan Strawberry.

Sekilas Pembuatan SOYJOY

PENGGILINGAN
1.      PENIMBANGAN
Menetapkan jumlah bahan baku yang dibutuhkan melalui penimbangan
2.      PENGGILINGAN
            Bubuk kedelai, buah kering,telur dan mentega serta bahan bahan lain dimasukkan ke dalam mangkok besar dan di campur untuk menghasilkan adonan
PENCETAKAN
1.      Mesin Pencetakan
Adonan yang telah dicampur di press  dan dibentuk manjadi batang panjang
2.      Pemotongan
Adonan yang telah di bentuk di potong potong
PEMANGGANGAN
Adonan langsung di panggang dengan pelan,dari bagian atas dan bawah pada mesin pemanggang yang panjang

PENDINGINAN
SOYJOY yang baru di panggang didinginkan secara alami selama 30 menit


PENGEMASAN
1.      Pengemasan dengan alumunium
SOYJOY yang telah dingin secara otomatis dibungkus dengan lapisan alumunium untuk menkjaga kebersihan dan kelembapannya
2.      Pengemasan dalam kardus
SOYJOY yang telah dibungkus lapisan alumunium kemusian di pak ke dalam kotak
3.      Penyimpanan
Bungkusan SOYJOY di pakcking ke dalam kotak yang telah diberi tanda


PEMERIKSAAN PENGIRIMAN
1.      Pemeriksaan berat
Berat kotak di timbang untuk memastikan jumlah SOYJOY yang dikemas dalam boks
2.      Pemeriksaan produk
Hanya yang lolos uji yang dikirim ke pelanggan

Dapat goody bag isinya Pocari Sweat & Soyjoy


KESIMPULAN
Kesimpulan pada kunjungan Industri di PT. Amerta Indah Otsuka adalahsebagai berikut :

  1.  PT. Amerta Indah Otsuka merupakan pabrik yang bergerak di bidang bisnis minuman isotonik dan makanan ringan rendah lemak dengan produk yang dihasilkan minuman ion pocari sweat dan cemilan sehat soyjoy.
  2. Bahan baku yang digunakan dalam pembuatan minuman isotonik pocarisweat adalah air arthesis, gula, dan garam dengan ditambah bahan pengemas (botol) yang bahan bakunya berasal dari Jepang.
  3. Proses produksi yang dilakukan dalam pengolahan pocari sweat ini semuanya dilakukan dengan peralatan dan mesin yang modern dan dalam pengolahannya sudah sangat steril dan meminimalisir campur tangan manusia.
  4.  Dengan kapasitas produksi sebesar 600 botol/menit dan jam kerja selama23 jam per hari produk pocari sweat dengan bermacam-macam kemasanini sudah dipasarkan ke Indonesia, Hongkong, Singapura, Malaysia, Arab Saudi dan Mesir.

Kunjungan Edukatif kami diakhiri dengan acara outbond

Tidak ada komentar: